Hyundai Accent mesin langsam tidak stabil atau ndut-ndutan

Accent-er Info –┬áMesin hyundai accent langsam tidak stabil atau ndut-ndutan itu pernah terjadi pada mobil saya beberapa minggu yang lalu, setelah saya konsultasikan ke om Agus Riyadi selaku mekanik resmi hyundai dan juga korlap untuk area bekasi di komunitas Hyundai Accent Series Club indonesia, akhirnya saya mendapat titik terang bahwa mesin langsam yang tidak stabil atau ndut-ndutan bisa terjadi karena selang buntu yang terletak di belakang area ECU bocor atau pecah, seperti pada artikel sebelumnya ISC bermasalah RPM tidak stabil

Jika sistem pengapian menggunakan delco atau distributor, om agus memberikan beberapa step-step yang mungkin bisa terjadi mesin langsam tidak stabil, sebagai berikut:

  • Cobalah pastikan kabel busi yang menghubungkan busi ke delco/distributor tidak bocor atau rusak, termasuk kabel dari delco/distributor ke arah coil. Kalau ada yang rusak atau bocor gantilah dengan yang baru.
  • Kemudian check busi-businya, jika pemakaian sudah diatas 5000 Km lebih baik diganti saja.
  • Kalau sudah tidak ada kabel dan busi yang rusak maka pengecheckan kita berlanjut ke delco/distributor, cabut semua kabel busi dan kabel ke arah email, lalu buka cup delco.
  • Lihatlah dengan seksama apakah ada cacat pada cup delco, bisa jadi retak atau bagian mata yg berhubungan dengan rotor patah atau cacat, kalau Cuma kotor bersihkan saja, kerik karbon-karbon yang menempel.
  • Kemudian check juga rotornya apakah terdapat cacat pada tembaganya atau badannya, kalau ada cacatnya ganti dengan yang baru.
  • Kalau semua sudah dicheck tapi mesin masih ndut-ndutan cobalah check dengan engine scan.

Mungkin itu sedikit tips dan saran tentang mesin langsam tidak stabil, semoga membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *